• Jelajahi

    Copyright © Restorasi Indonesia
    Inspirasi Perubahan

    Kanal Video

    Jaga Pemulihan Ekosistem Pesisir, Mapala Pawana FMIPA Universitas Tadulako Tanam Mangrove di Pantai Mamboro Barat

    Minggu, 30 Juli 2023

    Restorasiid
    Sumber foto: Mapala Pawana FMIPA

    Restorasi.id - Mapala Pawana FMIPA laksanakan penanaman mangrove di pesisir pantai Mamboro Barat, Kecamatan Palu Utara, Kota Palu untuk memperingati International Day of the Conservation of the Mangrove Ecosystem setiap 26 Juli. Kecamatan Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sabtu, (29/7/2023)


    Baca juga: Saan Mustopa Rutin Santuni Anak Yatim di Kediaman Pribadi dan Di Sekolah-Sekolah (restorasi.id)


    Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FMIPA Universitas Tadulako, Syariful Anam, mengungkapkan, upaya pemulihan dan pelestarian ekosistem pesisir melalui penanaman mangrove merupakan langkah nyata mendukung keberlanjutan lingkungan.



    ""Mangrove sangat bermanfaat bagi keseimbangan ekosistem, kesehatan lingkungan, serta sebagai tempat tinggal bagi beragam organisme laut. Upaya pemulihan dan pelestarian ekosistem pesisir melalui penanaman mangrove merupakan langkah nyata dalam mendukung keberlanjutan lingkungan," ungkapnya.


    Ketua Umum Mapala Pawana FMIPA Universitas Tadulako, Gamaria Barasalim, mengungkapkan, penanaman mangrove ini sejalan dengan kode etik pencinta alam yang berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan alam.



    Baca juga:2 Kali Perkosa Anak Nasabah Kelakuan Bejat Debt Collector di Karawang (restorasi.id)


    "penanaman mangrove ini sejalan dengan kode etik pecinta alam, di mana mereka berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan alam. Gamaria menyampaikan harapannya bahwa kehadiran mangrove di pantai Mamboro Barat nantinya dapat berfungsi sebagai benteng alami yang efektif dalam mencegah abrasi pantai dan berperan sebagai upaya mitigasi bencana, terutama mengingat daerah tersebut pernah terdampak parah oleh bencana tsunami pada 28 September 2018," ucap Gamaria saat sambutan



    Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari aksi nyata mahasiswa Universitas Tadulako untuk turut berkontribusi dalam menghadapi perubahan iklim dan merawat lingkungan pesisir.


    Baca juga: Mahasiswa KKN UBP Karawang Laksanakan Sosialisasi Bahaya Narkoba (restorasi.id)


    Harapan besar tersemat bahwa kegiatan positif semacam ini akan terus berlanjut dan menginspirasi komunitas lain untuk terlibat dalam upaya konservasi dan pemulihan ekosistem pesisir, demi menjaga keanekaragaman hayati dan membangun ketahanan lingkungan yang lebih baik.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    pemerintahan

    +