• Jelajahi

    Copyright © Restorasi Indonesia
    Inspirasi Perubahan

    Kanal Video

    Pesatnya Teknologi Membuat Dilema antara Kebebasan VS Perlindungan dalam Revisi UU ITE

    Sabtu, 24 Juni 2023

    Restorasi Muhammad Farhan
    Sumber foto: dprri.go.id

    Restorasi.id -
    Anggota Komisi I DPR RI, Muhammad Farhan menilai, perkembangan teknologi digital semakin pesat dan membuka peluang besar untuk kemajuan. Teknologi juga membawa tantangan besar dalam membuat produk legislasi untuk mengaturnya.


    Baca Juga: Ini 6 Fraksi yang Menyetujui Kepala Desa Jadi 9 Tahun (restorasi.id)


    "Pertanyaan besarnya, bagaimana AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) dan akibat hukumnya? Negara harus merespons hal itu. Sayangnya responsnya masih normatif. Saya khawatir kita memang belum terlalu menguasai, apa yang harus kita lakukan menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat ini," ucap Farhan pada Forum Diskusi Denpasar (FDD) perihal Sikap dan Kebijakan Indonesia tentang Kecerdasan Buatan, di Jakarta, Rabu, 21/6/2023)



    Politisi Partai NasDem ini menjelaskan, sulitnya membuat produk legislasi tentang teknologi digital bukan hanya di Indonesia saja. Menurutnya, seluruh negara di dunia juga mengalami kebimbangan dalam hal itu.


    Baca Juga: Saan Mustopa: Nadran Laut bisa Menciptakan Destinasi Wisata dan Mendorong Perekonomian (restorasi.id)


    "Setiap pembentukan legislasi selalu menghadapi dilema yang luar biasa. Seperti yang kita alami sekarang saat membahas revisi UU ITE, yaitu dilema antara kebebasan versus perlindungan," jelas Muhammad Farhan. dilansir dari parlementaria terkini dprri.go.id


    (fahri)


    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    pemerintahan

    +