• Jelajahi

    Copyright © Restorasi Indonesia
    Inspirasi Perubahan

    Kanal Video

    BMKG: Jabodetabek siap-siap hujan lebat hingga 20 Juni mendatang

    Jumat, 16 Juni 2023

    Sumber foto: unspalsh/aditya nara

    Retorasi.id -
    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan mengapa Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan deras seharian pada Jumat, (16/6/2023) meski sudah masuk musim kemarau.


    Kondisi ini disebabkan dinamika atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang atmosfer Kelvin Wave dan Equtorial Rossby Wave. Fenomena ini membuat pertumbuhan awan hujan terjadi dalam skala yang luas.


    "kedua fenomena tersebut cukup signifikan dalam memicu terjadinya hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk saat ini dan diprediksikan masih cukup aktif hingga beberapa hari ke depan," kata Plt Kepala Pusat Meteorologi Publik, Andri Ramdhani, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/6/2023)


    Fenomena ini terjadi hampir seluruh wilayah Indonesia bagian barat hingga timur, untuk bagian barat fenomena tersebut berpengaruh meningkatkan hujan hingga 20 Juni 2023, dan wilayah timur hingga 25 Juni 2023.


    "Pada periode tanggal 16-18 Juni 2023, potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat, yaitu di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua,” tutur Andri. dilansir dari kumparan.com

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    pemerintahan

    +