• Jelajahi

    Copyright © Restorasi Indonesia
    Inspirasi Perubahan

    Kanal Video

    Pemerintah Memberi Ruang Pengajuan Untuk Subsidi Listrik

    Rabu, 03 November 2021

     


    Kabar baik, sekarang bukan hanya pelanggan penerima listrik subsidi yang terdata di DTKS saja yang mendapatkan bantuan listrik gratis, kini masyarakat yang berhak mendapatkan listrik  tetapi belum menerimanya dapat menyampaikan pengaduan kepesrtaan subsidi listrik ke desa atau kelurahan

     

    Masyarakat akan di minta untuk mengisi formulir pengaduan kepesertaan subsidi listrik untuk rumah tangga yang tersedia di desa/kelurahan setempat. Pengaduan akan diteruskan petugas melalui kecamatan setempat ke Tim Posko Penanganan Pengaduan Pusat lewat web subsidi.djk.esdm.go.id.

     

    Pengajuan saat ini bisa lebih mudah dengan hadirnya aplikasi mobile PEDULI. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone serta dapat diunduh melalui Google Playstore sejak tahun lalu.

    Ada empat fitur dalam aplikasi PEDULI. Fitur Cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) Basis Data Terpadu (BDT) memudahkan masyarakat untuk mengecek NIK apakah masuk daftar rumah tangga kurang mampu sesuai BDT atau tidak.

     

    Selanjutnya, ada fitur Cek Subsidi Listrik untuk pengecekan identitas pelanggan (IDPEL PLN) yang menerima subsidi listrik. Ada pula fitur Pengaduan Subsidi untuk melakukan pengaduan dan melihat riwayat pengaduan. Terakhir, fitur Informasi Pengaduan digunakan untuk mengecek hasil pengaduan

     

    Kehadiran aplikasi PADULI banyak mendapatkan apresiasi dari Kementrian Pendaya Guna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

    Aplikasi rilisan tahun 2017 tersebut mampu menembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di tahun 2020

    ”Dengan adanya aplikasi mobile PEDULI, masyarakat dapat melakukan pengaduan mandiri melalui smartphone. Selain meringkas tahapan pengaduan, waktu yang digunakan juga lebih efisien,” ujar Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    pemerintahan

    +