• Jelajahi

    Copyright © Restorasi Indonesia
    Inspirasi Perubahan

    Kanal Video

    Banyak Sejarah di Kota Karawang

    Sabtu, 06 November 2021
    Sumber : kaskus.co.id

    Karawang sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa BaratIndonesia. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di Barat, Laut Jawa di Utara, Kabupaten Subang di Timur, Kabupaten Purwakarta di Tenggara, dan Kabupaten Cianjur di Selatan.

    Bila kita merenung jauh ke belakang, Karawang ada sejak masa Tarumanegara (375-618 M ),  Kerajaan Sunda (Awal Abad VIII-XVI). Termasuk pemerintahan Galuh, yang memisahkan diri dari kerajaan Tarumaegara, ataupun Kerajaan Sunda pada tahun 671 M. Kerajaan Sumedang larang (1580-1608), Kasultanan Cirebon (1482 M) dan Kasultanan Banten (Abad XV-XIX M). Sekitar Abad XV M, Penduduk karawang semula beragama Hindu dan Budha. Tetapi, agama Islam masuk ke Karawang yang dibawa oleh Ulama besar Syeikh Hasanudin bin Yusuf Idofi, dari Champa, yang terkenal sebutan Syeikh Quro, karena disamping ilmunya yang sangat tinggi, beliau merupakan seorang Hafidh Al-Quran bersuara merdu.

    Akhirnya ajaran agama islam tersebut dilanjutkan penyebarannya oleh para Wali yang disebut Wali Sanga. Setelah Syeikh Quro Wafat,  dikampung Pulobata, Desa Pulokalapa, Kecamatan Lemahabang Wadas, Kabupaten Karawang, maqom (dimana Syech Quro pernah Tinggal).

     

    Pada masa itu daerah Karawang sebagian besar masih merupakan hutan belantara dan berawa-rawa. Hal ini menjadikan  Karawang mempunyai arti Ke-rawa-an atau tempat berawa-rawa. Nama tersebut sesuai dengan keadaan geografis Karawang yang berawa-rawa, bukti lain yang dapat memperkuat pendapat tersebut. Selain sebagian rawa-rawa yang masih tersisa saat ini pula,   nama daerah karawang diawali dengan kata rawa, seperti : Rawasari, Rawagede, Rawamerta, Rawagempol, dll.

     

    Keberadaan daerah Karawang dikenal sejak Kerajaan Pajajaran yang berpusat di daerah Bogor. Sebab Karawang pada masa itu, merupakan jalur lalu lintas yang sangat penting untuk menghubungkan Kerajaan Pakuan Pajajaran dengan Galuh Pakuan, yang Berpusat di Ciamis. Sumber lain menyebutkan, bahwa buku-buku Portugis (Tahun 1512 dan 1522) menerangkan bahwa : Pelabuhan penting dari kerajaan. Luas Kabupaten Karawang pada saat itu tidak sama dengan luas Kabupaten Karawang masa sekarang. Sebab, pada saat itu Kabupaten Karawang meliputi Bekasi, Subang, Purwakarta dan Karawang sendiri. Namun, kini karawang secara geografis terletak antara 107o02' - 107o40' BT dan 5o562' - 6o34' LS. Lalu, Secara topografis sebagian besar wilayahnya termasuk ke dalam dataran alluvial dengan ketinggian 0.6 di atas permukaan laut, dan kemiringan tanah 0.2 persen. Luas wilayah Kabupaten Karawang 1.753,27 km2 atau 3,73 persen dari luas Provinsi Jawa Barat dan secara administratif, Kabupaten Karawang memiliki 30 Kecamatan yang terdiri dari 298 Desa dan 11 Kelurahan.


    Ditulis Oleh : Dimas Adam Maldini 

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    pemerintahan

    +